Wajah Demokrasi PANCASILA Indonesia

Indonesia dalam Pemerintah

Demokrasi secara sederhana yaitu pemerintahan yang berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Seperti itulah yang saya pahami secara sederhana tentang demokrasi. Sistem ini di atur oleh pemerintahan RI, untuk dijalankan. Sejak Indonesia merdeka sistem pemerintahan seluruhnya berpusat di Jawa. Dan secara structural hampir seluruh pejabat semuanya bersuku Jawa dan beragama Muslim. Warisan memerintah itu diwarisi hingga Indonesia moderen sekarang ini. yang memerintah sebagian besar berasal dari daerah Jawa, diluar jawa hanya Pak B.J. Habibie (Ujung Pandang). Serta yang berhak menjadi pemimpin hanyalah seorang “muslim”. Saya tidak lalu mau mengatakan bahwa “muslim” mendominasi semua. Dalam pemerintahan Pak Habibie Timor-Timor terlepas dari Indonesia, dalam pemerintahan Pak Soeharto pemerintahannya sangat hirarki mewarisi sisitem kepemimpinan militernya, Pemerintahan Ibu Mega Ambon Bergejolak dan menghabiskan banyak nyawa. Hingga kini Pemerintahan Pak SBY terjadi benyak sekali kejahatan mulai dari kasus Century, mau dilihat bahwa Negara ini menangani sebuah permasalahan dan mengangkatnya menjadi sebuah opini publik sehingga setiap persoalan dapat dinikmati serta dicerna oleh berbagai element masyarakat. Nampak kejanggalan yang terjadi dalam proses penyelidikan terkesan hanya dilakukan setngah jalan saja alias tidak tuntas. Setelah itu diam dan dialihkan lagi kepada isu yang lain. Menikmati kasus Antasari; Siapa pun yang berharap adanya pemberantasan korupsi di tanah air secara serius, pasti terkejut dengan penahanan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar selaku tersangka pembunuhan Nasrudin Zulkarnain. Maka, bukan respons yang aneh manakala bermunculan suara-suara menyangsikan keterlibatan Antasari dalam kasus tersebut; termasuk menyangsikan cinta segitiga yang disebut-sebut sebagai motif pembunuhan direktur PT Putra Rajawali Banjaran itu. Nampak sebuah rekayasa penangkapan dilakukan kepada Bapak Antasari selaku seorang Pejabat KPK yang bekerja sangat baik dan jujur, karena cara kerjanya yang bersi dan jujur membuat para koruptor Negara ini mengatur rencana untuk menghilangkannya dari posisi pejabat KPK. Lanjut kasus Gayus yang dinyatakan menkorup uang negera dimana Gayus hanyalah sebuah pegawai biasa, mari melihat tindak-tanduk penyelidikan gayus, mulai dari pembuatan password dinyatakan yang membuat adalah orang USA dan uang sekian puluh juta yang dipakai untuk menyuap sana sini tak Nampak ini terang sekalai permainan cuci tangan pemerintah. Seperti inilah Indonesia dalam masalah. Disini saya tidak sedang membuat analisis hokum secara detail namun secara kasat mata memaparkan kejadian-kejadian yang tidak akurat dalam pemecahan sebuah masalah dalam Negara ini.

Pancasila sebagai Ideologi Negara

Ideologi secara praktis diartikan sebagai system dasar seseorang tentang nilai-nilai dan tujuan-tujuan serta sarana-sarana pokok untuk mencapainya. Jika diterapkan oleh Negara maka ideology diartikan sebagai kesatuan gagasan-gagasan dasar yang disusun secara sistematis dan dianggap menyeluruh tentang manusia dan kehidupannya, baik sebagai individu, social, maupun dalam kehidupan bernegara.

Pancasila sebagai Ideologi Terbuka, Pancasila jika dilihat dari nilai-nilai dasarnya, dapat dikatakan sebagai ideologi terbuka. Dalam ideologi terbuka terdapat cita-cita dan nilai-nilai yang mendasar, bersifat tetap dan tidak berubah. Oleh kareanya ideologi tersebut tidak langsung bersifat operasional, masih harus dieksplisitkan, dijabarkan melalui penafsiran yang sesuai dengan konteks jaman. Pancasila sebagai ideologi terbuka memiliki ideologi-ideologi idealitas, normative dan realities.

Harga diri Pancasila Buat Indonesia

Indonesia sebuah Negara demokrasi, memiliki ideology Pancasila yang dijunjung tinggi dikarenakan harga dirinya yang terlalu mahal didapatkan oleh kemerdekaan Negara Inonesia. Sehingga nilai pancasila selalu ditanamkan sejak dini dari SD, SLTP, SMU, Juga perguruan tinggi. Ini merupakan sebuah apresiasi yang sangat baik dari masyarakat Indonesia. yang mendambakan nilai dari PANCASILA itu dikumandangkan dan diberlakukan sesuai kelima sila tersebut.

PANCASILA secara langsung ditunggangi oleh kepentingan-kepentingan pemerintahan yang berpolitik. Nampak nilai dari pancasila terlihat jelas kabur tergambar dalambagian awal tulisan ini Indonesia dalam pemerintahan. Indonesia Merdeka Moderen sekarang meniadakan nilai itu. Melihat serta makna dari pancasila yang dapat saya paprkan secara sederhana.

1. Arti dan Makna Sila Ketuhanan Yang Maha Esa Manusia sebagai makhluk yang ada di dunia ini seperti halnya makhluk lain diciptakan oleh penciptanya. Sehingga dalam relasi-relasi sosial saling berdampingan dalam perbedaan dengan damai dan merespon nilai KeTuhanan.

2. Arti dan Makna Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab Manusia ditempatkan sesuai dengan harkatnya. Hal ini berarti bahwa manusia mempunyai derajat yang sama di hadapan hukum. Sejalan dengan sifat universal bahwa kemanusiaan itu dimiliki oleh semua bangsa, maka hal itupun juga kita terapkan dalam kehidupan bangsa Indonesia. Sesuai dengan hal itu, hak kebebasan dan kemerdekaan dijunjung tinggi.

3. Arti dan Makna Sila Persatuan Indonesia Makna persatuan hakekatnya adalah satu, yang artinya bulat, tidak terpecah. Jika persatuan Indonesia dikaitkan dengan pengertian modern sekarang ini, maka disebut nasionalisme. Oleh karena rasa satu dalam berbagai perbedaan suku dan agama sedemikian kuatnya, maka timbulah rasa cinta bangsa dan tanah air.

4. Arti dan Makna Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan Perbedaan secara umum demokrasi di barat dan di Indonesia yaitu terletak pada permusyawarata. Permusyawaratan diusahakan agar dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang diambil secara bulat. Kebijaksaan ini merupakan suatu prinsip bahwa yang diputuskan itu memang bermanfaat bagi kepentingan rakyat banyak.

5. Arti dan Makna Sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia Keadilan berarti adanya persamaan dan saling menghargai karya orang lain. Jadi seseorang bertindak adil apabila dia memberikan sesuatu kepada orang lain sesuai dengan haknya. Kemakmuran yang merata bagi seluruh rakyat dalam arti dinamis dan meningkat.

6. Pentingnya Paradigma dalam Pembangunan Pembangunan yang sedang digalakkan memerlukan paradigma, suatu kerangka berpikir atau suatu model mengenai bagaimana hal-hal yang sangat esensial dilakukan. Pembangunan dalam perspektif Pancasila adalah pembangunan yang sarat muatan nilai yang berfungsi menajdi dasar pengembangan visi dan menjadi referensi kritik terhadap pelaksanaan pembangunan.

7. Pancasila sebagai Orientasi dan Kerangka Acuan

a. Pancasila sebagai Orientasi Pembangunan Pada saat ini Pancasila lebih banyak dihadapkan pada tantangan berbagai varian kapitalisme daripada komunisme atau sosialisme. Ini disebabkan perkembangan kapitalisme yang bersifat global. Fungsi Pancasila ialah memberi orientasi untuk terbentuknya struktur kehidupan social-politik dan ekonomi yang manusiawi, demokratis dan adil bagi seluruh rakyat.

b. Pancasila sebagai Kerangka Acuan Pembangunan

Pancasila diharapkan dapat menjadi matriks atau kerangka referensi untuk membangun suatu model masyarakat atau untuk memperbaharui tatanan social budaya.

Terus Mempertahankan Nilai Pancasila

Putra dan Putri Indonesia yang berkemanusiaan serta berkeTuhanan Yang Maha Esa. Diharapkan agar terus mewarisi nilai PANCASILA yang seharusnya di realisasikan. Bolehlah kita semua melihat ketidak adalian dalam pemerintahan mulai dari sistem memimpin, kebebasan beragama, semuanya melakukan tindakan yang semena-mena tanpa mengingat arti pancasila dimana Pemerintah seakan bisu dan tuli menangani masalah Negara, buta dan tuli akan nilai PANCASILA. Seakan pemerintah dibutahkan Oleh POLITIK miring dan tidak sering takut menyatakan keadilan.

Sebagai anak Indonesia yang MERDEKA dan Merasakan diri merdeka dalam prespektif masing-masing kalian. Dengan kegelisahan ini mari semua yang masi terus suka mengeritik INDONESIA untuk tidak hanya pandai mengeritik namun Indonesia adalah kamu, aku dan kalian, oleh sebab itu dengan mewarisi nilai Pancasila yang sebebnarnya terus kita saling mempengaruhi yang lain agar bersama membangun menanta INDONESIA dengan Nilai PANCASILA yang sebenarnya. Sebab Indonesia masi memerlukan revolusi PANCASILA yang mandiri. Setiap revolusi harus ada pengorbanan. Berkorabnlah buat revolusi pancasila.

2 Comments Add yours

  1. nobody says:

    Kekuatan FreeMason Yahudi bermain di balik aksi Anggodo, Budionoh, Gayus, Robert, Susiloh, dll.?
    Semua orang sepertinya berusaha untuk saling menutupi agar kedok anggota mafia FreeMason utamanya tidak sampai terbongkar.
    Jika memang benar demikian, maka tidak akan ada yang bisa menangkap dan mengadili Gembong tersebut -di dunia ini- selain Mahkamah Khilafah!
    Mari Bersatu, murnikan Tauhid & tegakkan Khilafah!
    Mari hancurkan Sistem Jahiliyah dan terapkan Sistem Islam, mulai dari keluarga kita sendiri!

    1. Indonesia merupakan negara yang bebas beragama. Bukan soal Beragama dan soal kesalahan yang mau di lihat namun bagaimana melihat dan memperbaiki keterpurukan indonesia secara bersama, agama apapun kita di indonesia,mari bersatu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s