SmartPhone Telah Menjadi Alat Edukasi

Komunikasi telah menjadi jantung bergeraknya fungsi-fungsi kordinatif  pada semua aras kehidupan. Kalau dahulu komunikasi sifatnya konvesional, orang menggunakan bahasa simbol misalnya menyalakan api, berteriak jika melakukan perjalan menyusuri hutan. Akankah tiap orang yang tidak adaptif akan tereliminasi oleh proses perubahan ?

image

Zaman SmartPhone

Era SmartPhone merupakan masa dimana manusia dipermudah untuk melakukan fungsi komunikasi bersama para rekannya. Mulai dari melakukan kordinasi atau memberikan informasi serta komunikasi lainnya, SmartPhone mampu meyelesaikan secara cepat. Hanya dengan menekan-nekan tombol sesuai esensi jenis informasi serta terhubung jaringan internet, seketika menekan enter maka pesan terkirim dan tugas selesai sudah.

Hadir Pada Ruang Ritual

Tak dapat dibendungi bahwa ruang yang religius turut digerayangi oleh kehadiran wujud yang tidak menghilangkan esensi. Melalui ilmu pengetahuan, maka manusia dapat menerjemahkan Alkitab (HardCopy) menjadi bentuk Software yang berjalan pada semua jenis SmartPhone (iOS, Android, Windows Mobile). Perubahan bentuk Alkitab menjadi bentuk perangkat lunak merupakan langkah maju peradaban pengetahuan. Tentunya para programer membuat Aplikasi tersebut dengan tujuan memudahkan manusia secara mobile berinteraksi dengan Alkitab dimana saja berada, Perubahan ini harus di hormati.

Menjadi Kontroversi Kehadiran Alkitab Elektronik

Duluh saya pernah menulis sebuah skripsi yang diberi judul Alkitab Elektronik, sebuah syarat untuk menjadi seorang sarjana Teologi. Sejak itu saya melakukan penelitian di Jemaat GPM bethel di Mardika (Kota Ambon).

Hal kontroversial tentang penerimaan dan penolakan hadirnya Alkitab Elektronik. Saya terus melanjutkan penulisan hingga tuntas dan disidangkan, syukurlah saya lulus dan menjadi seorang sarjana.

Sejak 2008 SmartPhone belum merajalela, namun Alkitab Elektronik telah merajalela pada komputer dekstop berbasis Windows 98.  Saya sering menggunakannya karena kemudahan-kemudahan untuk mencari kata kunci dan lain sebagainya.

Penerimaan dan Penolakan

Penelitian saya mengatakan bahwa ada golongan akademisi berpikir bahwa Alkitab Elektronik adalah iblis, lanjut mengatakan bahwa,  Alkitab Elektronik sebaiknya tidak  digunakan, mengapa kita tidak menggunakan Alkitab buku saja ? Apakah alasan berat dan lain sebagainya ? Ini iblis mulai  menggunakan Teknologi untuk mengelabuhi, Ungkap salah satu informan yang saya wawancarai.

Wah Alkitab Elektronik itu baik, karena memudahkan dalam mencari  kata-kata kunci. Dengan Alkitab Elektronik kita tidak susah-susah mencari kata kunci dengan membuka lembar perlembar helai kertas. Alkitab Elektronik sangat memudahkan, saat listrik PLN padam kita masi dapat membaca Alkitab, Ungkap seorang informan yang diwawancarai saat itu.

Kurang lebih demikian dapat gambarkan sisi kontroversi yang dibicarakan.

Membentuk pemahaman berpikir yang sangat lama dibentuk oleh pemahaman-pemahaman beriman satu arah, membawa kita kepada penolakan-penolakan pada penerimaan akan hal-hal baru yang sesungguhnya dapat membantu manusia saat. melakukan interaksi sosialnya juga interaksi imannya.

Kita butuh santai saat beriman, kita butuh keterbukaan tanpa mencederai nilai fanatisme yang luhur. Sehingga jembatan kehidupan mudah terhubung, tidak terjadi kemacetan-kemacetan saat menerima masukan melalui media informasi yang menginformasikan tentang revolusi Teknologi diberbagai aras.

image

SmartPhone Telah Menjadi Alat Edukasi

Pada hakekatnya semua bentuk perubahan memiliki plus dan minusnya, begitupun tentang smartphone. Kehadiran handphone dengan generasi-generasi pendahulunya yang mengutamakan fungsi (konvesional) sms dan telepon, ini yang paling substansi. Sekalipun ada game, jam, alaram dan aplikasi lainnya. Namun saat itu manusia cenderung hanya menggunakan sms dan telepon saja, benar bukan…?

Melompat dari benteng yang konvesional, handphone mengalami perubahan kemajuan yang tentunya direkayasa oleh manusia, mereka gelisa pada bidang pemograman. Para programer tersebut selalu berinteraksi dengan komputer dan juga manusia hingga sampai pada titik temu merefleksikan bentuk hidup untuk dimudahkan.

Pada tahun 2009 SmartPhone Hadir dalam Wujud Blackberry, iPhone, Samsung… Perkembangan terus melambung melebarkan kecanggihan akan Teknologi masing-masing pada semua elemen sistem operasi.

SmartPhone kini tidak hanya menjadi alat komunikasi namun lebih dari itu menjadi alat edukasi karena fungsinya yang smart seolah-olah digunakan juga oleh generasi smart.

Manusia dapat menemukan banyak informasi secara mobile, manusia dapat bertransaksi belanja online, menyurat (email) serta melakukan kajian-kajian yang dapat dikerjakan langsung melalui smartPhone dalam genggaman sepuluh jari. Generasi digital generasi layar kaca telah take off menggunakan smartPhonenya, mereka berada pada ruang-ruang sosial dengan keberadaan mereka.

SmartPhone telah menjadi alat edukasi yang baik untuk digunakan bagi semua kalangan yang membutuhkan. Melaluinya informasi begitu mudah diperoleh, mudah disebarkan dan mudah juga dilahirkan kembali dalam bentuk yang lebih maju dan berkembang, Begitulah rantai pengetahuan selalu berputar maju untuk merelevansikan kehidupan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s