Yesus Hadir Membebaskan Manusia dari Penjara Kemanusiaan.

Pembacaan Alkitab  : Yesaya 9:1-6
Khotbah Pdt Jacky Manuputty,.MA
Gedung Gereja Maranatha Ambon
Minggu 18 Desember 2016
Saya selalu menyadari kalau hari minggu adalah hari yang istimewa untuk menghadap Tuhan. Tentunya tiap waktu kita punya kesempatan menghadap Tuhan. mengapa hari minggu say akatakan istimewa ? karena saat itu kita duduk dalam keheningan, kita mendengarkan, kita merasakan dan kita di layani oleh Majelis jemaat serta mendengarkan Pendeta Berkhotbah, disitu kita diam dalam perenungan. Saya senang sekali mengambil waktu kegereja bersama orang yang begitu saya Cintai yakni dr.Stanny Maretha Loppies. Begitu senang karena disana kita berdua diajar untuk mengerti juga tentang hidup yang selalu menghidupkan.
Setelah mendengarkan khotbahnya… Saya menulis atau menyunting begini……!!
Tuhan Hadir Untuk Membebaskan & mendamaikan manusia
 Tuhan tidak bisa dikleim seperti layaknya kita manusia mengkelim perusahan Asuransi karena kita telah mengikuti betul setia prosedur. Namun tidak bagi Tuhan, mengapa ? Karena Tuhan berdaulat di atas kehidupan Manusia dengan kehendakNya yang bebas Ia tahu kapan waktu yang tepat untuk dapat menolong umatnya yang diam bersama iman serta pengjarapannya. Manusia tidak berdaulat diatas Tuhan sebabnya itu harus menunduk dan melihat ke “atas”.
 Perang, kejahatan, kebencian dan kerakusan selalu ada disekeiling kehidupan manusia. Jangan kita berpikir bahwa Tuhan tidak berkuasa atas setiap ketamakan manusia atau seakan-akan Tuhan membiarkan ketamakan itu terus menerus bergulir berkelanjutan. Sesungguhnya Tidak !!! Tuhan selalu mengetok setiap simpul kehidupan manusia, tetapi manusia dengan kekuatan pikiran dan perasaan tidak memberikan respons bagi Tuhan yang sedang mengetok hati mereka untuk menghentikan ketamakan tersebut. Manusia membangkang dan menutup diri dari kehadiran Tuhan.
Menariknya Pdt.Jacky Manuputty memaparkan nilai teologis berdasakan konteks yang Alkitabiah misalnya kelahiran seorang bayi, kematian orang yang suda tua serta prinsip dibalik gambar Yesus mengetok pintu. Sangat lugas dijelaskan dengan cara yang santai namun berdialetika, ia katakan bayi atau anak kecil yang akan lahir menunjukan atau menjelaskan tentang adanya kehidupan baru atau harapan akan hari esok. Kematian orang yang sudah tua mau memberikan pemahaman kalau kehidupan yang lama atau masa yang lama telah berakhir. Masa dimana ada dalam kelaliman, kejahatan, dan keterpurukan akan hidup.
Pintu dalam Gambar Yesus mengetuk pintu terlihat bahwa bahagian luar pintu tidak menggunakan handle pintu, yang ada hanya dibahagian dalam milik pemilik rumah. Posisi tempat Handle pintu tersebut mau menjelaskan kalau Yesus datang mengetok “pintu” kehidupan setiap orang, Yesus tidak memiliki kewenengan untuk membukanya dari luar karena itu wewenang sang pemilik rumah. Yesus memberikan kebebasan, memberikan otoritas penuh kepada manusia untuk membuat keputusan atas respon yang telah diberikan Allah dalam kehidupan, Yesus tidak memaksa atau memaksakan.
Jangan mengira jika kita menjadi setia dan taat pada Tuhan lalu kita dihindari dari persoalan hidup, tidak juga.
Jika meihat hidup ini selalu dalam kemalangan jangan salahkan Tuhan atau menyunguti Tuhan secara sinis tetapi tetap bertahan dalam iman juga pengharapan. Karena ditengah kesukaran Tuhan menyediakan berkat yang begitu aneh dan ajaib.
Maka Jika kita ada dalam situasinyang sulit lihatlah kebawah karena ada orang lain juga yang lebih sulit dari kita, sebaliknya jika kita ada dalam satu kebahagiaan karena kesuksesan dan lain sebagainya, tataplah ke atas karena masi ada orang lain yang lebih dari apa yang kita perolah atau rasakan sekarang, Dengan begitu kita tidak akan menjadi manusia yang Sombong atau Congkak. Tuhan hadir untuk membebaskan manusia dari penjara kemanusiaan.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s